Uncategorized

30 game NES terbaik

yoo minna~ saya kembali :v,kali ini saya akan merangkum 30 game NES terbaik

Selamat ulang tahun yang ke-30 NES!(telat :v) Kita bukan sekedar merayakan beragam momen nostalgia yang mungkin sempat dihabiskan banyak gamer “tua” bersama dengan konsol jadul yang satu ini. Sebagai gamer secara keseluruhan, kita merayakan sebuah produk yang merupakan manifestasi mimpi dan keberanian untuk masuk ke dalam pasar yang begitu asing dan aneh di kala itu. Sebuah langkah awal Nintendo untuk membangun jalan bagi masuknya industri game sebagian bagian dari bisnis hiburan mainstream seperti yang kenal kita saat ini. Kita merayakan sebuah produk yang juga jadi salah satu sumber inspirasi bagi banyak developer yang akhirnya tumbuh besar dan memutuskan untuk menciptakan lebih banyak game keren yang berakhir kita nikmati di platform dengan performa ratusan kali lipat. Kita tak hanya mengucapkan selamat ulang tahun untuk sebuah produk, tetapi simbol dari industri game itu sendiri.

Bagi saya pribadi, NES bahkan terasa lebih personal. Ketika masih mengenyam bangku Sekolah Dasar, adalah ayah – sosok yang selama ini selalu saya pribadi asosiasikan gagap teknologi dan tak mengerti banyak soal tren di luar lah yang memperkenalkan konsol ini. Masih berjuang dengan catridge “1001 in 1” yang berisikan banyak game sama rasa tapi beda rupa, NES membuat saya pribadi, jatuh hati pada industri game. Sama seperti jutaan orang lainnya, NES membuka sebuah dunia yang tak pernah diketahui sempat ada, sebuah dunia menyenangkan dengan probabilitas yang terlihat tak terbatas. Sebuah kesempatan untuk bermain peran menjadi pahlawan yang berusaha menyelamatkan dunia dari kehancuran. Pengalaman yang akhirnya membuat banyak dari kita, bertahan menjadi gamer terlepas dari usia yang kian menua.

Untuk merayakan rilis NES di pasar Amerika yang berakhir menjadi konsol sama yang terus kita mainkan, izinkan kami melemparkan sebuah artikel toplist berisi game-game NES yang menurut kami pribadi, terbaik sepanjang masa. Sementara bagi gamer yang tidak pernah mengenal NES sama sekali, artikel ini bisa dijadikan sebagai rujukan game lawas untuk dicicipi mengingat ROM NES dan program emulator yang sangat mudah ditemukan di dunia maya. Walaupun beberapa di antaranya tak menua dengan manis, namun porsi masa menyenangkan yang mereka tawarkan di masa lalu memang tak terbantahkan.

  1. Batman: The Video Game

batman video game

Sudah jadi mimpi semua anak kecil tampaknya, untuk bisa berperan sebagai superhero, membasmi kejahatan, dan kembali menyelamatkan kota dari kekacauan apapun yang hampir terjadi. NES benar-benar mewujudkan hal tersebut. Menjadi salah satu karakter terfavorit di masa kecil kami, tidak heran betapa gembiranya kami ketika tempat penyewaan catridge di masa itu memuat Batman: The Video Game. Memukul setiap penjahat yang Anda temui di layar sembari melompat dari platformer yang satu ke yang lainnya, Batman: The Video Game mungkin terlihat “sampah” saat ini jika dibandingkan dengan variasi yang mampu dilakukan Batman di seri Arkham, misalnya. 20 tahun yang lalu, aksi sang ksatria kegelapan ini tak bisa lagi lebih sempurna.

  1. Bomberman

bomberman nes

Hampir sebagian besar game NES bisa dinikmati bersama dengan teman yang lain. Beberapa mengusung sistem multiplayer ini dengan cara bergantian. Jadi alih-alih bermain bersama-sama langsung di dalam satu layar, Player 2 harus menunggu hingga Player 1 tewas sebelum bisa terjun ke dalam aksi. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika game-game multiplayer, apalagi yang kompetitif, cukup populer di kala itu. Salah satu yang terbaik? Tentu saja Bomberman. Terperangkap di satu ruang dengan begitu banyak dinding untuk dihancurkan, Bomberman senantiasa mengundang tawa. Apalagi jika kematian terjadi bukan karena aksi pintar teman Anda, tetapi karena kebodohan Anda sendiri. Ketika Anda dengan santainya menaruh bomb dengan power penuh di depan muka lalu lupa memikirkan jalan keluar. 1 detik penuh penyesalan.

  1. Karateka

karateka nes

Jurus tendangan memutar, salto di udara, hingga serangan bola-bola bersinar dari dua arah, hal ini yang mungkin Anda pikirkan ketika membicarakan game fighting. Di masa lalu, terutama di era NES, game dengan tema bela diri seperti ini jauh lebih sederhana dalam hadir dalam format berbeda. Benar sekali, kita tengah membicarakan Karateka! Musik yang ikonik akan mengiringi aksi karakter utama Anda yang harus berjuang untuk mengalahkan setiap musuh yang menghadang dengan aksi Karate super sederhananya. Tidak ada gerakan keren absurd layaknya game fighting saat ini. Anda hanya bisa mengandalkan pukulan dan tendangan biasa, untuk bagian tubuh bagian atas maupun bawah, sembari berusaha menjaga jarak. Sederhana? Hampir sebagian besar gamer yang sempat mencicipi game ini tampaknya tak pernah menamatkannya.

  1. Sky Destroyer

sky destroyer

1942? Sebagian besar gamer NES tampaknya sudah pasti pernah mencicipi game NES yang membawa Anda pada pertempuran perang dunia kedua dengan musik ikonik memorable tersebut. Namun bagi kami pribadi, game pesawat terbaik dan terkeren di era NES tampaknya masih pantas disandang oleh satu nama – Sky Destroyer. Di tengah limitasi 8 bit NES yang lemah, Sky Destroyer hadir dengan perspektif tiga dimensi – dimana Anda harus menembak jatuh pesawat yang terbang mendekati layar. Kerennya lagi?  Ada perpindahan siang ke malam, lengkap dengan pertempuran boss dan aksi melemparkan torpedo ke kapal di game ini. Satu yang mungkin tidak Anda sadari, Anda justru berperan sebagai “orang jahat” di Sky Destroyer. Benar sekali, pesawat yang Anda gunakan adalah pesawat milik tentara Jepang yang berusaha “membersihkan” udara dan laut dari pasukan sekutu – yang selalu jadi protagonis. Sebuah perspektif yang sangat jarang ditemukan di industri game saat ini.

26. Excitebike

Semua memori masa kecil Anda tampaknya siap untuk mengemuka kembali ketika Anda memainkan Excitebike. Tak perlu menunggu hingga Anda mencicipi balap dua dimensi dengan beragam rintangannya ini, Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk mencicipi musik pembukanya yang begitu ikonik dan tak mudah dilupakan begitu saja. Bergerak dari satu gundukan, tantangan, limpahan pasir ke rintangan lain sembari berusaha bertahan di atas motor hanyalah sedikit daya tarik game ini. Siapa yang masih ingat bagaimana Anda harus menekan tombol tertentu agar bisa cepat naik ke atas motor ketika jatuh? Atau ketika Anda harus berhadapan dengan  motor yang kepanasan ketika berusaha sedikit meningkatkan kecepatan? Atau ketika Anda mulai bereksperimen dan menciptakan track sulit Anda sendiri sembari meminta teman lain untuk mengujinya? Cukup menakjubkan bagaimana game setua Excitebike mampu menawarkan sensasi game racing yang mungkin tak lagi bisa Anda temukan saat ini.

  1. Punch-Out!

punch out

Punch-Out adalah game super sederhana. Ada lawan di depan mata Anda, dan tujuan Anda hanya satu – memastikan dua tinju Anda cukup efektif untuk menundukkan setiap dari mereka. Kerennya lagi? Ia tak bisa dicapai dengan hanya sekedar menekan tombol secepat mungkin dan berharap setiap darinya menghasilkan damage tertentu. Punch Out adalah game soal strategi, timing, dan observasi. Bahwa Anda harus membaca pola gerakan musuh, menghindari, mengambil celah untuk menyerang, dan kemudian menahan diri untuk melakukan hal apapun di luar rencana tersebut. Strategi yang akan cukup untuk membuat Anda menyelesaikan game yang satu ini. Ya setidaknya, sampai Anda bertemu dengan Mike Tyson

.

  1. Metal Gear

metal gear nes

Metal Gear berada di posisi serendah ini? Anda mungkin bingung. Salah satu franchise game stealth action terbaik yang pernah hadir di industri game bahkan tidak mampu menembus angka 20 besar di list kami kali ini. Sebentar, sebelum Anda mulai mengambil obor dan kapak, kami punya penjelasan tersendiri. Satu-satunya yang kami ingat dari Metal Gear pertama di NES hanyalah soal gameplay. Dimana dalam format dua dimensi, Anda bisa beraksi, bersembunyi, dan berlari dari satu layar ke layar lainnya. Lantas, dimana kekurangannya? Karena sekedar dari sisi gameplay, seri klasik ini bukan sesuatu yang bisa dinilai fantastis. Bahwa kekuatan Kojima ada pada cerita dan plot twist yang memang menjadi dasar untuk game-game Metal Gear Solid setelahnya. Namun untuk seorang anak polos di SD yang bahkan belum bisa pipis dengan baik dan benar di kala itu, Metal Gear terasa seperti sebuah game action setengah hati yang tak seseru Contra. Setidaknya di benak kami di kala itu. Damn, i think i should replay this game..

  1. Street Fighter II Master Fighter II

master fighter 2

Oh, jangan bayangkan Street Fighter pertama di masa lampau seperti Street Fighter V yang tengah direncanakan Capcom saat ini. Jangan bayangkan Anda akan bertemu dengan segudang karakter untuk dipilih, mekanik kompleks dengan bar di sana-sini, skill super, hingga animasi gerakan yang halus. Street Fighter di kala itu, masih terasa sangat sangat sederhana. Yang membuatnya spesial di kala itu hanyalah fakta bahwa ia tak sedangkal Karateka, misalnya. Tiap karakter punya serangan spesialnya masing-masing, kaki ataupun tangan, lengkap dengan desain karakter yang tampaknya siap melumat Anda tanpa kesulitan sama sekali. Bisa melakukan hadouken dengan kontroler NES yang kaku saja sudah bisa jadi pencapaian tersendiri. Tapi harus diakui, bertarung dengan teman yang lain di Street Fighter memang jadi pengalaman mengasyikkan yang tak bisa dilupakan begitu saja. Setelah meneliti soal game ini lebih jauh? Alangkah terkejutnya kami setelah mengetahui bahwa Capcom tak pernah merilis game ini secara resmi untuk NES. Benar sekali, yang kami mainkan adalah Master Fighter II – sebuah produk bootleg dari China. Tetap, ABUGETTTT!!

  1. Yi-Ar Kungfu

yi ar kungfu

Tak sekompleks Street Fighter II, dan tak sesederhana Karateka, kita bertemu dengan satu genre game fighting single player lainnya yang tampaknya pasti pernah dicicipi oleh banyak gamer pemilik NES di Indonesia waktu itu. Mengapa? Karena Yi-Ar Kungfu, terlepas dari nama apapun yang ia usung, selalu jadi game yang tersedia dalam kompilasi bajakan “XXXX in 1” yang jadi format standar di kala itu. Bermain sebagai petarung Shaolin dengan gerakan terbatas, termasuk sekedar melompat, Anda harus bertarung dengan varian musuh yang semuanya punya senjata, gerakan, hingga range serangan yang berbeda-beda pula. Agak sedikit terasa tidak adil di awal memang melihat karakter utama hadir dengan tangan kosong. Namun dengan sedikit ekstra latihan, Yi-Ar Kungfu dan sound effect ikoniknya ini jadi bagian masa kecil yang sulit dilupakan.

  1. Ghost n Goblins

ghost n goblinks

Kami belum pernah menyelesaikan game ini, Anda juga mungkin belum pernah menamatkannya. Sama seperti apa yang terjadi pada kami, Anda mungkin sudah menyerah dan tak lagi mau melanjutkan Ghost and Goblins setelah mencicipi game ini beberapa menit. Untuk anak kecil yang dikala itu berniat mencari game action yang “menyenangkan”, Ghost and Goblins adalah mimpi buruk paling menyedihkan yang bisa Anda bayangkan. Mekanik gameplay solid dengan ragam senjata keren, sistem armor yang bisa pecah, monster unik, dan musik di kala itu mungkin akan membuat gamer jatuh hati. Masalahnya? Game racikan Capcom ini adalah salah satu game tersulit sepanjang masa. Tingkat kesulitan yang cukup untuk membuat banyak gamer harus menyerah setidaknya di Stage 2.

  1. Castlevania 2: Simon’s Quest

castlevania 2 simon quest

Kita mungkin bisa berdebat soal seri Castlevania mana yang pantas untuk disebut sebagai seri terbaik sepanjang franchise yang tampaknya, memang tak lagi berniat untuk dihidupkan oleh Konami ini. Bagi kami yang mengenalnya dari seri kedua, Castlevania 2: Simon’s Quest adalah game NES yang harus Anda coba. Kami sendiri tidak pernah menyelesaikannya karena puzzle yang bisa dibilang begitu kompleks dan nyaris tanpa clue yang ia usung. Namun kami ingat soal musik memorable dan mekanik gameplay-nya yang sulit. Menggunakan cambuk untuk menghancurkan tengkorak yang ada sembari tak ragu makan ayam dari reruntuhan balok gedung? Hell yeah!

  1. Tiny Toons

tiny toons

NES jadi surga besar untuk dua buah genre gaming – action platformer dan beat’em up. Hampir sebagian besar game populer di kala itu mengambil dua format ini, walaupun menawarkan tema-tema yang berbeda. Salah satu yang terbaik yang pernah kami cicipi? Tiny Toons. Benar sekali, film kartun dengan Bugs Bunny, Daffy Duck, dan Tazmanian Devil versi kecil ini ternyata berujung memorable dan sulit untuk dilupakan begitu saja. Tak hanya sekedar bergerak dari kiri ke kanan sembari memastikan diri bertahan hidup, karakter utama yang Anda gunakan – Bugs Bunny juga bisa berubah menjadi karakter lain dengan kemampuan spesial masing-masing via item yang ia temukan di perjalanan. Berubah menjadi Tazmanian Devil, misalnya, memungkinkan Anda untuk menjadi angin topan kecil untuk memusnahkan musuh secara instan. Dipadukan dengan musik Looney Tunes yang ikonik, tak mudah dilupakan begitu saja.

  1. Mighty Final Fight

mighty final fight

Sebagian besar dari Anda mungkin lebih mengenal Double Dragon atau Final Fight itu sendiri ketika kita membicarkan game beat’em up paling populer di era NES. Namun bagi kami? Ada satu ekstra game lainnya yang keren, namun mungkin seringkali dilewatkan oleh banyak orang. Benar sekali, kami membicarakan Mighty Final Fight! Secara sederhana, Anda bisa menyebutnya sebagai Final Fight – lengkap dengan tiga karakter utamanya: Guy, Cody, dan Haggar namun dalam bentuk super deformed (SD). Tiap karakter ini hadir dengan moveset gerakan serangan biasa dan spesial berbeda. Dengan nyawa yang terbatas, butuh perjuangan ekstra menundukkan game ini, apalagi dengan semua boss unik yang ia tawarkan.

  1. Wild Gunman

wild gunman

Zapper? Apa nama yang satu ini langsung memicu memori tertentu di otak Anda? Benar sekali, kita tengah membicarakan perangkat tambahan yang tampaknya banyak dimiliki oleh gamer pemilik NES di masa lalu untuk ekstra pengalaman gaming yang terhitung revolusioner di kala itu. Tanpa sensor tambahan apapun, Zapper berfungsi layaknya pistol “biasa” yang Anda arahkan dan tembak ke layar televisi Anda. Beberapa game eksklusif yang memanfaatkan maksimal perangkat ini pun dirilis, seperti Duck Hunt, misalnya. Namun bagi pribadi? Pesona game Zapper terbaik tetap ditawarkan oleh Wild Gunman! Berperan tak ubahnya koboi yang tengah terlibat aksi tembak menembak melawan para bandit dengan beragam bentuk, Wild Gunman terasa lebih sulit dan dinamis dibandingkan Duck Hunt karena kemampuan mereka untuk “mencedarai” Anda. Apalagi tiap koboi musuh ini juga hadir dengan karakteristik yang berbeda pula. Seberapa cepat Anda bisa menembak?

  1. Legend of Zelda

zelda nes

Awal dari segalanya. Permulaan dari franchise yang berakhir menjadi salah satu poros kekuatan utama Nintendo, bahkan hingga saat ini. Legend of Zelda memang menawarkan salah satu pengalaman action yang terhitung kompleks di kala itu. Tak hanya sekedar memukul musuh membabi buta, Anda berhadapan dengan variasi item, puzzle, dan beragam tantangan yang muncul dari satu layar ke layar lainnya. Walaupun tak pernah menyelesaikan seri perdana ini hingga akhir, namun sensasi unik yang ia tawarkan dibandingkan game NES di kala itu harus diakui, cukup melekat hingga saat ini.

  1. Ice Climber

ice climber

Kacau, menegangkan, dan menyenangkan di saat yang sama, ketiga kata yang satu ini tampaknya cukup mendeskripsikan pengalaman ketika memainkan Ice Climber. Seperti namanya, game ini sebenarnya sederhana – hanya meminta Anda menghancurkan keping es yang ada dan mencapai puncak tertinggi yang ada. Kesulitan muncul dari beragam musuh dan licinnya jalan yang siap untuk membuat Anda salah langkah jika tak awas. Memainkannya bersama dengan teman yang lain? Di sinilah Ice Climber baru tampil menarik! Anda bisa memainkan game ini secara kooperatif ataupun kompetitif. Opsi untuk menghalangi teman Anda agar tak mencapai puncak lebih cepat daripada Anda terkadang menghasilkan atmosfer yang menyenangkan, tetapi juga menimbulkan rasa frustrasi tersendiri. Tidak ada sensasi lebih ingin melemparkan kontroler kotak NES lebih besar daripada berhadapan dengan teman Anda yang tak pernah mau mengalah di Ice Climber.

  1. Galaga

galaga nes

Berapa banyak dari Anda yang sempat menyelesaikan Galaga? Kami jujur, tak pernah menyelesaikan game shooter yang satu ini hingga akhir. Padahal secara rasional, seharusnya tak ada yang sulit dengan game yang hanya sekedar meminta Anda menembak lurus dan menghindari beragam serangan kapal alien yang mendekat ini.  Suara tembakan yang khas tampaknya jadi hal yang paling membuat Galaga terasa memorable. Momen paling keren lainnya? Ketika Anda membiarkan pesawat yang tengah Anda gunakan saat ini diculik dan disimpan sang pesawat alien di barisan paling belakang. Dan begitu Anda berhasil membebaskannya? BOOM! Anda langsug memainkan dua pesawat sekaligus, yang menawarkan ekstra firepower yang bisa dibilang, cukup signifikan. Mm… kenapa banyak dari kita tidak pernah menyelesaikan game yang satu ini ya?

  1. Teenage Mutant Ninja Turtles III: The Manhattan Project

manhattan project

Di era NES, sebagian besar game-game adaptasi film kartun, seri, atau layar lebar berakhir menjadi proyek yang cukup menarik untuk dinikmati. Banyak developer yang juga menangani franchise raksasa ini dengan baik, melahirkan game action yang sulit untuk diabaikan begitu saja. Salah satu yang pantas dikategorikan terbaik? TMNT 3: The Manhattan Project. Sebagai salah satu gamer yang sempat mencicipi dua seri sebelumnya, kehadiran seri ketiga ini menawarkan pengalaman yang lebih sempurna. Animasi gerakan, desain musuh, desain level, hingga beragam aksi yang pantas menjadikannya sebagai salah satu game multiplayer kooperatif terbaik di era NES. Aksi Donatello, Leonardo, Raphael, dan Michaelangelo ini jadi seri klasik yang tak bisa diabaikan begitu saja.

  1. Ninja Gaiden

ninja gaiden nes

Salah satu game tersulit sepanjang masa, kalimat ini yang mungkin langsung meluncur dari mulut Anda ketika kita membicarakan Ninja Gaiden. Ninja Gaiden versi modern untuk platform generasi sebelumnya memang memosisikan Anda pada sebuah game action yang tak hanya meminta Anda untuk menyabet pedang layaknya orang gila, tetapi juga bertahan, menghindar, dan memanfaatkan beragam variasi senjata dan serangan dengan efektif. Hal yang sama juga bisa disimpulkan dari seri perdana Ninja Gaiden di era NES dulu. Bedanya? Ia tampil dengan visual sangat sederhana dan tingkat kesulitan lebih tinggi. Benar sekali, Anda tidak salah membacanya, kami menyebut tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Musuh yang terus respawn, posisinya yang hampir mustahil untuk dihindari begitu saja, hingga animasi gerak mundur yang selalu terjadi ketika Anda menerima damage membuat game platformer ini siap untuk membuat Anda gantung diri.

  1. Paperboy

paperboy nes

Game yang meminta Anda berperan sebagai seorang loper koran? Anda pernah membayangkan bahwa di era modern, konsep seperti ini bisa sukses? Di era dimana video game lebih difokuskan pada kisah heroik epik dimana Anda berperan sebagai penyelamat atau sekedar karakter dengan tingkat popularitas tinggi. Di Paperboy, Anda berkeliling sebagai loper koran yang harus mengantarkan koran ke para langganan dengan berusaha melemparnya dengan tepat ke kotak surat atau pintu mereka masing-masing. Tentu bukan perjalanan mudah, mengingat ada begitu banyak tantangan yang siap menghadang, dari anjing bulldog yang mengejar hingga angin topan kecil yang entah datang dari mana. Salah satu game ikonik Nintendo, yang sayangnya, tak pernah lagi dijajal di era modern ini.

  1. Double Dragon II

double dragon 2

Jika kita membicarakan salah satu game beat’m up terbaik di era NES, maka hampir mustahil untuk tidak membicarakan Double Dragon sama sekali. Berperan sebagai dua orang ahli bela diri yang tampaknya tak ragu untuk melewati semua musuh bengis untuk menyelamatkan seorang gadis cantik, ada banyak alasan yang membuat Double Dragon tampil begitu menarik di masa itu. Gameplay sederhana, multiplayer yang oke, dan kesempatan untuk menggunakan senjata yang bisa Anda ambil di tengah pertarungan untuk ekstra damage jadi daya tarik tersendiri. Namun alasan utamanya tentu lebih mengarah pada faktor kesenangan semata. Anda hanya perlu duduk dan menikmati perjalanan penuh otot Anda di Double Dragon tanpa perlu menggunakan otak sama sekali.

  1. Megaman

megaman

Berapa banyak dari Anda yang juga menyerah memainkan Megaman di tengah jalan? Kami termasuk salah satu gamer yang tunjuk jari. Jika ada satu game yang terasa seperti dibuat dan diracik oleh setan dan disempurnakan oleh jin terjahat dan kemudian diuji oleh para psikopat haus darah yang kebetulan masih hidup di bumi, Megaman lah produk tersebut! Robot biru kecil yang satu ini memang menyenangkan untuk dimainkan, apalagi lewat fakta bahwa Anda butuh lincah melompat dan menembak dengan akurasi tinggi, bahkan mengganti senjata yang tepat untuk memusnahkan beragam varian musuh dengan cepat. Dengan ekstra tantangan dari desain level yang ada, Megaman menguji Anda di setiap elemen. Permasalahannya? Untuk kami yang masih kecil di kala itu, game ini didesain hanya untuk satu hal di mata kami – membuat Anda tewas.

  1. Adventure Island

adventure island

Ketika karakter utama pada umumnya biasanya hadir dengan pakaian keren, rapi, bahkan dengan sedikit kesan futuristik di dalamnya, Adventure Island mungkin termasuk sedikit dari game di luar sana yang justru hadir dengan desain karakter bertolak belakang. Anda berperan sebagai pria kegemukan yang hanya mengenakan celana dalam, melempar kapak dan berusaha membunuh binatang-binatang tak bersalah untuk tujuan yang tak jelas. Kerennya lagi? Ada kalanya pria gemuk dengan hanya celana dalam ini berakhir mengenakan helm dan langsung naik di atas skateboard untuk ekstra keamanan. Jika premis seperti ini masih belum cukup untuk membuat Anda tertarik mencicipi Adventure Island, kami terpaksa harus angkat tangan.

  1. Guerrilla War

guerrilla war

Ini mungkin salah satu game action paling fun dan memorable yang pernah kami cicipi di NES. Memainkan game ini terus-menerus setiap kali kami berhasil menyewanya dari toko NES di kota kecil kami, Guerrilla War yang juga bisa dimainkan secara multiplayer berakhir jadi game action super menyenangkan yang akan membuat waktu Anda lewat begitu saja. Konsepnya sebenarnya tak berbeda dengan game top down shooter kebanyakan, dimana Anda “hanya” harus membunuh setiap musuh yang Anda temui. Namun konsep multiplayer kooperatif dengan segudang peluru yang harus Anda waspadai lengkap dengan varian musuh yang harus Anda hadapi jadi ekstra nilai jual tersendiri.

  1. Chip & Dale Rescue Rangers

chip n dale

Chip & Dale juga tampaknya layak untuk dimasukkan sebagai salah satu game adaptasi seri kartun televisi terbaik yang pernah ada. Kisah dua tupai dengan kepribadian berbeda dan beragam dialog lucu ini berakhir sebagai salah satu game platformer yang tak hanya akan membuat Anda gemas, tetapi juga penasaran. Mengapa? Karena konsep gameplay uniknya yang berpusat pada implementasi penggunaan kotak sebagai senjata dan tameng berlindung sebenarnya sangat membuat game ini terlihat mungkin untuk diselesaikan. Jumlah musuh yang tak terlalu banyak dan konsep multiplayer kooperatif yang solid juga memperkuat kesan tersebut. Namun ketika Anda berusaha menyelesaikannya? Selalu saja berakhir dengan satu dua kesalahan yang sebenarnya tak perlu terjadi, baik karena ketidakwaspadaan Anda atau sekedar teman iseng Anda yang memutuskan untuk melempar kotak tersebut ke Anda tanpa alasan kuat. Salah satu game platformer yang paling sering kami mainkan dahulu.

  1. Zen Ninja

zen ninja

Zen Ninja? Sangat tidak mengherankan jika banyak dari Anda yang belum pernah mencicipi dan menikmati game ini sama sekali. Zen Ninja yang diracik Konami ini memang tak pernah berakhir jadi sebuah karya populer yang dinikmati oleh banyak orang. Namun bagi mereka yang sempat mencicipinya, ini adalah salah satu game action terbaik di NES. Apa yang membuat aksi ninja biru ini begitu spesial? Selain tingkat kesulitan yang ia usung, Zen Ninja juga menawarkan salah satu variasi tantangan, musuh, level dan boss terbaik yang pernah kami cicipi. Di level yang satu Anda harus bertarung di atas kereta tambang dengan segudang perangkap, di level lain Anda harus memanjat gedung untuk bertarung melawan boss yang terus terbang secara vertikal, sementara level lain meminta Anda untuk bertarung melawan boss langsung sembari mencari tahu kelemahannya. Wow!

  1. Contra

Contra (1)

Anda tidak bisa disebut sebagai gamer jika Anda belum pernah mencicipi Contra sebelumnya. Bukan karena kualitasnya yang memang bisa dibilang tak lagi sepadan dengan game-game generasi saat ini, tetapi pada identitasnya sebagai salah satu pondasi game action platformer dengan gameplay, cerita, dan konsep multiplayer kooperatif yang solid. Bertarung dengan beragamm senjata, diiringi musik ikonik, berusaha menghindari peluru pelangi yang meluncur dari senapan musuh, atau hanya berjuang untuk berhasil melompat ke platform yang lebih tinggi membuat game ini terasa sangat sulit. Seberapa sulit? Cukup untuk membuat kode Konami yang terkenal: atas, atas, bawah, bawah, kiri, kanan, kiri, kanan, B, A = lahir!

  1. Balloon Fight

balloon fight

Gamer yang tumbuh besar di era keemasan Playstation mungkin akan langsung menobatkan Bishi Bashi Special sebagai salah satu game paling menyenangkan yang pernah mereka cicipi, apalagi lewat tema mini gamenya yang absurd dan gila. Di era NES, hampir mustahil untuk menemukan game seperti ini. Namun jika harus diperbandingkan, maka game lain yang mampu menawarkan atmosfer kompetitif yang sama menyenangkan dan gilanya adalah Balloon Fight. Gameplay-nya sederhana, Anda hanya harus membunuh musuh di layar sembari memastikan balon yang membawa Anda terbang tidak pecah. Ia bisa pecah karena diinjak oleh musuh atau teman Anda sendiri! Ada banyak skenario dimana alih-alih Anda bekerja sama bahu-membahu untuk melewati level yang ada, Anda justru harus bertarung dengan teman Anda entah karena ia tidak sengaja menghancurkan balon Anda atau memang berniat menikam Anda dari belakang. Balloon Fight adalah salah satu game multiplayer paling menyenangkan di NES, salah satu yang paling kami rekomendasikan.

  1. Nintendo World Cup

nintendo world cup

Hah? Game apa lagi ini? Sebagian besar dari Anda mungkin tidak pernah mencicipinya, namun mereka yang pernah tampaknya setuju bahwa game yang satu ini memang pantas memuncaki posisi tertinggi. Beberapa mengenal game ini sebagai “Soccer Fight”. Apa itu Nintendo World Cup? Seperti yang bisa Anda prediksi, ini adalah sebuah game sepakbola. Bedanya? Ini adalah sebuah game sepakbola paling brutal dan paling menyenangkan yang bisa Anda prediksi. Pemain dari masing-masing negara akan punya kemampuan spesial berupa jurus tendangan unik, dari tendangan yang bisa membuat bola menghilang, angin, hingga mengubah bola menjadi pisang yang terlalu licin untuk ditahan kiper. Kerennya lagi? Alih-alih bermain halus, metode untuk merebut bola hanya ada dua di game ini: menyikut wajah lawan atau menendang kaki mereka layaknya Street Fighter. Benar sekali, game ini tak punya peraturan selain sistem out.

  1. Super Mario Bros

mario nes

Tak perlu banyak penjelasan tampaknya mengapa Mario pantas disejajarkan sebagai game terbaik di NES. Ia menjadi game pertama bagi banyak gamer di luar sana, yang membuat mereka merasa tertantang dan jatuh hati pada industri ini. Mario memang terasa absurd dari sisi cerita, namun desain level klasiknya adalah salah satu yang terbaik. Tantangan platformer yang cukup untuk membuat denyut jantung Anda berdegup kencang, musuh yang siap untuk membuat panik, hingga beragam desain level unik yang ia tawarkan – dari platformer di atas udara hingga berenang di dalam air jadi daya tarik tersendiri. Kombinasikan dengan musik yang tampaknya familiar di telinga semua orang, gamer ataupun non gamer, kisah tukang ledeng ini memulai sebuah franchise raksasa yang terus bertahan hingga 30 tahun setelahnya. Sebuah eksistensi yang melebihi nama NES itu sendiri. Sebuah representasi industri game yang sesungguhnya.

Di atas adalah 30 game terbaik sepanjang masa di era NES menurut versi JagatPlay. Sebagian besar dari Anda mungkin tidak setuju, apalagi dengan tidak dimasukkannya begitu banyak nama populer seperti Metroid, Mother, atau Final Fantasy, misalnya. Apakah berarti game-game dengan respon yang begitu positif di media luar tersebut tidak masuk dalam radar kami? Bukan tidak masuk, tetapi lebih pada fakta bahwa kami sendiri tidak pernah menikmatinya atau melewatkannya waktu kecil dulu. RPG adalah sebuah genre yang kompleks dan menjadi tidak adil jika kami harus “berbohong” pada diri kami sendiri bahwa kami menikmatinya, ketika kami di umur 7 tahun yang masih kesulitan berbahasa Inggris saja tak mampu mencerna kata-kata sederhana sebagai perintah. Satu-satunya game RPG yang pernah kami nikmati di era NES hanyalah Saint Seiya, dan kami juga tidak menyertakannya di sini. Sementara Metroid? Tampaknya terlewatkan oleh radar gaming kami yang masih cukup di awal tahun 90-an dulu.

click this image for support me 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s