film

Review Film Ao Haru Ride

film live action ao haru ride---

Diangkat dari manga laris berjudul sama “Ao Haru Ride” karangan Io Sakisaka, film Ao Haru Ride ditunggu-ditunggu banyak orang terutama para fans manganya. Sempat menduduki posisi puncak box office Jepang di pekan penayangan perdanaya, film ini sukses berada di 10 box office Jepang selama 7 pekan dan meraup keuntungan sebesar 623 juta yen hanya dalam dua pekan saja.

Film ini dibintangi oleh para pemeran yang tidak asing lagi seperti Tsubasa Honda, Masahiro Higashide, Yua Shinkawa, Ryo Yoshizawa, Izumi Fujimoto, Mitsuki Takahata, Yudai Chiba dan Yu Koyanagi.

Ao Haru Ride berkisah tentang Futaba Yoshioka (Tsubasa Honda) yang menyukai Kou Tanaka (Masahiro Higashide) ketika SMP, namun Kou pindah sekolah dan mereka kehilangan kontak. Ketika akhir tahun pertama SMA, ia bertemu lagi dengan Kou Tanaka. Namun kini ia telah berganti nama menjadi Kou Mabuchi dan begitu pula dengan kepribadiannya yang berbeda dengan ketika ia masih SMP.

Apakah film Ao Haru Ride sesukses manganya? Berikut ulasan Japanesia mengenai film ini.

film live action ao haru ride====

Membanding-bandingkan film adaptasi dengan karya aslinya memang tak bisa terelakan, tak terkecuali dengan Ao Haru Ride ini. Jika manganya memiliki 13 volume, film ini memiliki durasi 122 menit untuk mengisahkan cerita Ao Haru Ride.

Ini bukan pekerjaan mudah, namun sutradara Takahiro Miki memiliki banyak jam terbang membuat film adaptasi dari manga, sebut saja Solanin dan Hot Road yang kebetulan juga genrenya agak mirip. Di film ini ia lebih memfokuskan pada hubungan Kou dan Futaba saja dengan konsekuensi banyak drama dan porsi karakter lain yang harus dilahap harus dihilangkan karena fokus untuk adegan mereka berdua saja. Jadi jangan harap ada pengembangan karakter selain mereka berdua dan beberapa adegan yang mungkin jadinya terasa cepat dan “yah gitu doang”.

film live action ao haru ride

Meski begitu adegan romantis yang ditampilkan dirasa bisa membuat kamu histeris atau senyum-senyum sendiri, bayangkan saja jika adegan romantis tersebut terjadi padamu, dengan Honda Tsubasa atau Masahiro Higashide.

Sementara itu, pemilihan pemeran bisa dibilang cukup tepat. Meski tidak muda lagi, Masahiro Higashide yang berumur 27 tahun rasanya masih layak berperan sebagai Kou Mabuchi, dari penampilannya, gerak-geriknya, fans Ao Haru Ride tidak bisa untuk tidak bilang “Ini Kou Banget!”. Untungnya juga ia masih dicap sebagai aktor sebagai anak sekolahan, terbantu dengan film-film dia sebelumnya di Parasyte, Crows Explode ataupun di Kirishima. Selain itu akting Tsubasa Honda juga terlihat luwes dan natural dalam memerankan karakter Futaba Yoshioka.

film live action ao haru ride==

Selain mereka berdua juga ada Yua Shinkawa yang berperan sebagai Shuko Murao, meskipun bukan tokoh utama, tapi kecantikannya cukup mempesona sepanjang film. Apresiasi lebih juga harus disematkan kepada Ryo Yoshizawa yang sukses sebagai karakter mood maker Aya Kominato.

Insert song yang disajikan di film yang bertema sekolah dengan unsur matsuri ini juga cukup menarik. Yap, akan ada adegan ngeband dengan dua lagu dari Ellegarden film ini. Untuk kalian yang sudah tidak asing dengan Ellegarden tentunya cukup membuat sedikit bernostalgia dengan band pop punk asal jepang itu. Selain itu, untuk soundtrack-nya, Ikimonogakari ditunjuk untuk berpartisipasi di film ini, lagunya yang berjudul “Kirari” dapat kita dengarkan selama credit film.

Film live action Ao Haru Ride meskipun ceritanya segmented, bisa dibilang film ini cukup baik dalam eksekusi meski banyak adegan yang hilang dari manganya. Selain itu sinematografi dan background musik yang tepat juga membuat film ini makin menarik untuk ditonto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s