Uncategorized

Indonesia Kalah dari Arab, Danurwindo: Bukan karena Grogi melainkan Kalah Kualitas

Jakarta – Mantan pelatih timnas Indonesia, Danurwindo, kurangnya percaya diri bukan penyebab utama kekalahan dari Arab Saudi tadi malam. Menurut Danurwindo, ‘Skuat Garuda’ memang kalah kualitas dari tim lawan.

Sempat memimpin lebih dahulu melalui Boaz Salossa, Indonesia dipaksa menyerah 1-2 dari Arab dalam lanjutan Kualifikasi Piala Asia 2015 yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (23/3) malam WIB.

Kekalahan itu membuat ‘Merah Putih’ menjadi juru kunci klasemen sementara Grup C dengan nol poin dalam dua laganya. Sedangkan Arab menghuni peringkat teratas dengan enam poin.

Seusai pertandingan, pelatih Rahmad Darmawan, menilai Indonesia kalah karena grogi. Akan tetapi, Danurwindo menilai memang kualitas di antara kedua tim yang menjadi pembeda.

“Saya tidak sepakat jika Indonesia kalah karena grogi. Menurut saya, Indonesia memang kalah kualitas dari Arab Saudi. Kalah teknik bukan grogi,” ucap pria yang pernah melatih Indonesia pada 1995-1996 itu dalam perbincangannya dengan detikSport, Minggu (23/3/2013) siang WIB

“Mereka (Indonesia) punya pemain-pemain yang berpengalaman dan kualitas. Dari babak pertama sampai pertengahan babak kedua, kita gagal keluar dari tekanan lawan. Kita banyak kehilangan bola dan dipaksa terus melakukan kesalahan sehingga kepercayaan diri jadi hilang.”

Kekalahan ini menciptakan pertanyaan mengenai taktik yang diusung Rahmad ketika tidak memainkan Andik Vermansah dalam upaya menambah daya dobrak Indonesia.

“Soal memainkan atau tidak memainkan Andik, hanya pelatih yang tahu. Andik memang punya kecepatan dan naluri menyerang yang bagus. Tapi pelatih punya alasan sendiri,” lanjut dia.

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi China di laga berikutnya. Danurwindo menyarankan agar timnas lebih banyak menggelar pertandingan ujicoba untuk memperkuat kerjasama.

“Yang jelas dari hasil pertandingan yang terakhir harus dievaluasi; penyerangan, pertahanannya karena lawan China lebih sulit daripada melawan Arab. China mempunya speed power yang sangat bagus,” sambung Danurwindo.

“Kita kan punya penyerang bagus seperti Sergio van Dijk, Irfan Bachdim, Greg (Nwokolo) itu harus bisa dimaksimalkan caranya dengan banyak melakukan ujicoba internasional.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s